Simple Thinking About Blood Type – Apa Golongan Darahmu?

PicsArt_1426300083464

Buku BloodType 1 & BloodType 2 – koleksi pribadi

 

Judul : Simple Thinking  About Blood Type 1 & 2

Penulis/Komikus : Park Dong Sun

Penerbit : Penerbit Haru 

Genre: Komik, pengembangan diri

Kategori: Non fiksi, webtoon

Gambar : instagram.com/bloodtypeID

Gambar : instagram.com/bloodtypeID

Simple Thinking About Blood Type, kayaknya saya termasuk orang yang telat banget karena baru baca buku ini beberapa bulan lalu. Saya memang pecinta komik dari masih SD. Awalnya dulu saya suka baca buku, tapi di perpustakaan SD cuma ada novel-novel yang bahasanya nggak saya ngerti dan rasanya begitu melelahkan membaca satu halaman yang isinya tulisan semua. Suatu hari saya beli komik di pedagang kaki lima di sekolah. Komik cerita nabi dan rosul atau komik surga-neraka. Dicetak dalam kertas koran yang tipis dan difotokopi. Gambarnya juga “Indonesia Banget”. Harganya dulu cuma berapa ratus perak aja. Kalau nggak salah 500 sampai 1000.  Dari situ saya mulai suka baca komik.

Buat yang penasaran kayak gimana wujud komik surga neraka. Kalau angkatan tahun 90an mungkin nggak asing, tapi buat angkatan 2000an kayaknya banyak yang nggak kenalin nih. Dulu saya punya banyak banget komik jadul ini, tapi dikiloin saat renovasi rumah.😀 Setelah googling gambarnya nemu juga di twitter dengan hashtag #SiksaNeraka. Gambarnya horor banget! Haha.. tapi emang begini adanya.😛

Gambar : twitter.com/Imambegundal - Imam fahlevi #SiksaNeraka

Gambar : twitter.com/Imambegundal – Imam fahlevi #SiksaNeraka

Saat kelas 5 atau 6 SD baru saya kenal komik-komik keluaran penerbit ternama, seperti Elex media misalnya. Komik Elex masih bersampul putih-biru dulu, ada yang ingat? Ini juga nggak bisa pakai gambar pribadi karena kebetulan saya ada di kost, dan koleksi komik elex jadul saya ada di rumah. Jadi pinjam gambar dari internet aja ya.🙂

Sampai sekarang saya pun belum bisa bebas dari kecanduan komik. Tapi komik karya penulis asal Korea, Park Dong Sun ini memang nggak cuma booming di negara asalnya aja ya. Di Indonesia juga. Apalagi sudah sejak beberapa tahun lalu Indonesia dilanda “demam Korea”, mulai dari film hingga gaya hidup. Tentu kemunculan komik Korea yang sebelumnya memang sudah populer secara online ini sangat diburu baik buat para pecinta Korea maupun bukan.

Well, basa-basinya jangan panjang-panjang (atau malah udah kepanjangan? :P). Lanjut soal golongan darah! Saya pernah baca beberapa artikel tentang karakter seseorang berdasarkan golongan darahnya hingga tips-tips diet berdasarkan golongan darah. Meski saya nggak sepenuhnya percaya golongan darah bisa mengklasifikasikan banyak hal, termasuk sifat hingga nutrisi yang dibutuhkan seseorang. Tapi konon sudah banyak banget penelitian tentang hal itu, meski keakuratannya belum diakui seratus persen. Tapi tentu Tuhan punya maksud kenapa darah dibuat menjadi beberapa kelompok yang berbeda. Mungkin salah satunya sel-sel darah tersebut menyimpan misteri seperti karakter atau kepribadian seseorang. Siapa tahu?

Nah, saat saya pertama ketemu buku ini saya memang nggak langsung tertarik karena kebetulan waktu itu saya hanya membaca beberapa resensinya di internet. Rasanya, biasa saja. Dan saya pun urung memasukan buku ini ke dalam daftar belanja buku bulanan saat itu. Tapi setelah suatu hari buku ini ada di tangan saya, saya mulai membacanya halaman per halaman. Sialnya, buku ini seperti menempel di telapak tangan saya! Ah, Park Dong Sun pakai sihir apa saat menulis k-toon ini, ya? Bahkan saya pernah membawa dan membaca buku ini ke toilet. Saking buku ini nggak mau dilepaskan dari mata saya. Apa mungkin buku ini mengandung “ganja”? Haha…

Gambar : instagram.com/bloodtypeid

 

Kenangan lucu lagi saat saya baca buku ini di dalam bus. Saya duduk di samping seorang ibu yang terkantuk-kantuk. Tanpa sadar saya ketawa saat membaca buku ini. Beberapa orang menoleh ke arah saya, karena desain bangku bus ABPT yang mirip desain bangku kereta memanjang ke samping. Ibu di samping saya sepertinya terganggu tidurnya dan terbangun karena saya tiba-tiba tertawa, dia menatap saya dengan sinis. Saya nggak tahu apa yang dia pikirkan, semoga dia nggak berpikir saya menertawakan dia.😀

Dalam buku ini pembaca nggak cuma disajikan dengan penjelasan formal tentang psikologis seseorang berdasarkan golongan darahnya. Park Dong Sun mengombinasikan dengan cerita-cerita ringan yang membuat pembaca terhibur, mengernyit, berpikir, tersenyum, hingga tertawa ngakak. Gambar-gambar yang lucu, terkadang konyol dan agak blak-blakan buat saya adalah nilai plus tentang bagaimana cara Park Dong Sun memikat pembacanya sejak pandangan (maksudnya halaman) pertama. Meski kadang ada sifat yang nggak sesuai dengan diri saya sendiri berdasarkan golongan darah. Tapi saya anggap wajar. Karena bagaimana pun golongan darah bukan satu-satunya hal yang menentukan karakter seseorang. Tapi terlepas dari ini fakta atau hanya sekadar hiburan itu tergantung bagaimana seseorang menyikapinya.

 

Bagi saya buku ini adalah buku yang menghibur sekaligus menjadi bahan introspeksi diri saya sendiri. Terkadang ada sifat buruk dalam diri saya yang tanpa sadar saya abaikan, tapi saat membaca beberapa bagian di k-toon ini saya jadi ingat dan tersadar lalu senyum-senyum miris sendiri.😛 Kadang saat membaca k-toon ini saya pun ingat dengan orang-orang di sekitar saya yang nggak saya tahu golongan darahnya apa. Lalu tanpa sadar otak saya mulai membuat analisa berantai dan menebak-nebak golongan darah mereka dengan sok tau. “Mh.. sifat ini mirip si ABC, pasti goldarnya adalah X. Iya pasti!” Dari buku sederhana tapi sangat menarik dan luar biasa unik ini saya juga belajar mengerti sifat-sifat orang di sekitar saya berdasarkan golongan darahnya. Karena memang seringkali saya menemukan sifat atau karakter yang mirip dengan yang Park Dong Sun ceritakan dan buku ini. Dari situ saya belajar untuk bagaimana berinteraksi yang lebih baik dengan mereka.

Meskipun sudah baca komiknya, terkadang saya masih iseng “kepo” dengan cari-cari cerita si Bloodabo (sebutan untuk goldar A,B,AB dan O dalam k-toon ini) di internet. Dari beberapa instagram yang membahas komik ini, @BloodTypeID adalah yang lumayan cukup intens dan rutin update tentang kelucuan si golongan darah. Jadi mungkin buat yang belum baca buku ini atau belum tertarik untuk beli, bisa cek instagram @BloodTypeID buat kenalan dulu dengan karakter golongan darah yang unik. Selain gambar-gambar di youtube juga ada versi video-nya lho!

Sekarang saya sangat-sangat-sangat menunggu buku ketiganya. Yang menurut fanpage Penerbit Haru (penerbit yang menerbitkan buku ini dalam versi Indonesia *terima kasih ya! :D ) akan ada buku ketiganya yang masih dalam proses terbit. Mungkin dua buku ini akan masuk daftar buku-buku yang nggak akan pernah saya pinjamin ke siapa-siapa. Karena entah kenapa tiap kali saya meminjamkan buku ke orang lain, mereka sering mendadak amnesia buat ngembaliin bukunya. Lupa-lupa-lupa. Semoga, mereka cuma lupa ngembaliin buku, nggak lupa cara bernapas atau lupa pakai baju saat keluar rumah. *jadi emosi*

Haha.. oke, postingan ini harus ditutup dengan happy! Nonton dulu deh biar senyum-senyum episode mereka saat belanja. Suka episode ini karena saya “suka belanja”. haha..😛

–14032015 | ita

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s