Mimi – Aku akan membagi garis kehidupanku padamu

mimi 12

Judul : Mimi
Genre : Romance Mystery
Setting : South Korea
Original Channel : Mnet (21 Februari – 14 March 2014)

Awalnya cuma iseng aja download film ini. Nggak tahu ceritanya tentang apa, seru apa nggak, pemainnya siapa aja, pemeran cowoknya cakep apa nggak *ups!*. Jadi karena waktu itu ketemu file download film ini dan tertarik karena cuma 4 episode. Jadi kalau pun filmnya nggak bagus nggak nyesek-nyesek amat karena udah download. Cuma 4 episode ini, kan?😀

Tapi ternyata pas udah ditonton di episode pertama mata saya udah basah aja. Karena cuma empat episode sekitar 5 jam saya maraton nonton. Nggak tau berapa ember itu air mata kalau dikumpulin. Kata pertama untuk film ini “sedih”.

mimi 1

Suka banget sama view dalam adegan ini. Langitnya biru kemerahmuda-merahmudaan gitu.🙂

mimi 2

Nah, ini tampak lebih jelas langitnya, cantik banget ya.🙂

Film ini dimainkan oleh Shim Chang-min sebagai Han Min-woo dan Moon Ga Young sebagai Mimi. Buat detailnya bisa intip profil k-drama ini di wikipedia aja ya. Awal nonton sama sekali nggak tahu ini film berbau misteri, cerita hantu gitu. Malah saya kira film tentang kisah cinta picisan biasa tentang cewek-cowok SMA. Ternyata BUKAN!

Di episode pertama memang si pembuat cerita bikin saya kebingungan dengan banyak banget pertanyaan di kepala saat nonton. Ini film apa sih? Maksudnya apa? Itu cewek siapa? Kok ngomong sendirian? Itu cowok cuek amat padahal ada cewek di depannya? Ya, di episode awal saya belum tahu kalau Mimi adalah hantu atau tepatnya roh yang masih ada di bumi. Sedangkan Min-woo adalah 100% manusia. Pertanyaan satu per satu terjawab di menit-menit selanjutnya, di episiode selanjutnya. Tapi malah bukan bikin berhenti penasaran saya malah makin penasaran dan nggak mau berhenti nonton filmnya. Semacam lagi ngemil kacang oven atau keripik singkong gitu, nggak mau berhenti walaupun mulut capek ngunyah.😛

mimi 6

Ini Mimi. Tuh kan, hantunya nggak seram, malah cantik begitu😀

Tapi jangan khawatir buat yang penakut dan nggak suka cerita misteri tetap bisa nonton drama ini karena hantunya, Mimi ini 100% berwujud manusia. Nggak ada seram-seramnya. Tapi memang berbau suspense agak tajam, menurut saya. Pembuat cerita sukses besar menggabungkan kisah cinta dan kisah misteri dengan halus.

Min-woo tatapannya membunuh bnaget ya kalau mukanya lagi serius gitu. :P

Min-woo tatapannya membunuh bnaget ya kalau mukanya lagi serius gitu.😛

Min-woo versi berkacamata. Gimana cara ngelamar jadi pacarnya ya? O_o

Min-woo versi berkacamata. Gimana cara ngelamar jadi pacarnya ya?O_o

Singkat cerita k-drama ini bercerita tentang Min-woo seorang komikus online atau disebut webtoon atau webcomic, yang sekarang sedang booming di Korea . Dulunya dia bukan komikus tapi seorang pelukis, suatu hari dia ketemu kalender yang banyak catatannya. Catatan itu dia sendiri yang nulis, tapi dia lupa. Benar-benar lupa kapan dan bagaimana bisa menulis catatan-catatan itu. Dari situlah dia membuat komik di website dengan ide cerita dari catatan kalendernya.

Min-woo mengalami “amnesia gantung” ini bukan istilah kedokteran sih. Istilah yang saya bikin aja. Haha…. dia melupakan satu bagian penting dalam hidupnya. Yaitu Mimi. Dia melupakan semua hal yang berhubungan dengan Mimi. Seolah dalam hidupnya nggak pernah mengenal seseorang bernama Mimi. Tapi bayangan gadis itu selalu menghantuinya ke dalam mimpi atau lamunannya.

Dalam film ini sih amnesia Min-woo bukan karena penyakit, tapi karena Mimi yang minta supaya ingatannya dihapus sesaat saat roh Mimi terpisah dari tubuhnya. Dia nggak mau Min-woo mengingat kenangannya dan mengingat kematiannya karena Min-woo akan jadi sedih. Sebaliknya karena cinta Mimi yang dalam ke Min-woo meski udah meninggal, dia tetap ada di dekat Min-woo bertahun-tahun. Di satu sisi Mimi selalu ada di sampingnya, tapi di sisi lain Min-woo nggak tau keberadaannya bahkan nggak ingat sama sekali dengan Mimi. hiks…. Mimi tetap menikmatinya. Seperti potongan lirik dalam salah satu lagunya “aku harus pergi, tapi aku tak bisa pergi ~”

mimi 8

Mimi punya kesempatan 3x supaya Min-woo bisa melihat wujudnya setelah meninggal. Ini salah satunya.🙂

 

Perlahan tapi pasti Min-woo terus berusaha mengingat kenangan yang mengganggu pikirannya. Karena kenangan itu pun menjadi kunci untuk kesuksesan webcomic-nya yang mendadak mandeg, seolah kehabisan inspirasi dari kalender penuh misterinya itu. Min-woo mulai mengingat satu per satu kepingan kenangannya bersama Mimi, seperti kepingan puzzle yang satu per satu mulai utuh. Sayangnya, Mimi membuat perjanjian dengan cowok berpakaian hitam (nggak tahu ini roh, hantu, atau malaikat pencabut nyawa, sebetulnya ya? :D) kalau Min-woo bisa mengingat semua kenangannya saat bersama Mimi, Mimi harus pergi ke alam roh dan nggak bisa kembali lagi ke bumi, mengikuti ke mana pun Min-woo pergi, dan nggak bisa lagi selalu ada di samping Min-woo. Mimi bingung, di satu sisi dia pengin selalu ada di dekat Min-woo tapi di satu sisi dia sedih melihat Min-woo tersiksa karena kehilangan ingatannya tersebut.

mimi 4

Si cowok berbaju serba hitam, nggak tau siapa namanya, nggak tahu dia manusia, roh atau malaikat pencabut nyawa. Pokoknya misterius banget!😀

 

Hebatnya dalam 4 episode si pembuat cerita sukses membuat isi film ini jadi sempurna. Semuanya tuntas, padat, dan bermakna. Seolah nggak ada adegan yang mubazir. Dengan alur maju-mundur bikin penonton nggak bosan. Khususnya buat saya, lebih suka alur maju-mundur, meski beberapa orang katanya malah bikin bingung ya. Tapi saya pribadi kalau nonton film dengan alur maju terus rasanya agak bosan. Sebetulnya saya pengin bikin spoiler cerita yang lebih banyak lagi, tapi nanti malah jadi nggak seru pas ditonton. Masih banyak banget pokok cerita seru yang nggak saya ceritain di ulasan ini, sengaja biar makin deg-degan pas nontonnya.

buku sketsa Min-woo, lebih mirip diary tentang kisah cintanya sama Mimi dalam bentuk sketsa. :)

buku sketsa Min-woo, lebih mirip diary tentang kisah cintanya sama Mimi dalam bentuk sketsa.🙂

K-drama mystery romantic ini bakalan sukses banget deh mengaduk-aduk isi kepala, isi hati, dan stok air mata. Saya sudah nonton dua kali dan masih juga nangis. Tapi nggak tahu juga ya, mungkin emang dasar aja sayanya yang cengeng. Jadi soal nangis atau nggak itu nggak jaminan sih tergantung stok air mata penonton aja.😛

Biar makin penasaran coba intip teaser k-drama ini. Lagunya juga enak dan “nyesss” banget di hati.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s