Emergency Couple – Cinta itu sudah mati atau hanya sedang tertidur?

pic EC 1-5 Β  Judul : Emergency Couple

Genre : Romance Comedy

Setting : South Korea

Original Channel : TVN (Januari 2014)


Ketiduran sore-sore dan kebangun di jam-jam yang “agak nggak wajar”, udah ngapain aja mata tetep susah merem. Coba nulis resensi film aja dulu kali ya… hhi…. Mau bahas K-Drama Emergency Couple. Ya, pasti udah banyak yang nonton nih. Awalnya waktu drama ini masih on going di situs streaming saya malas nonton. Karena entah kenapa kurang suka cerita berbau rumah sakit, mungkin karena saya punya banyak kenangan buruk sama rumah sakit. Tapi iseng nemu link download k-drama ini, jadinya saya download di kost, tapi nggak langsung ditonton. Awalnya saya pikir pasangan Song Ji Hyo (kenal gara-gara Running Man) nggak gitu cakep ya (walaupun akhirnya sih kelihatan keren juga, haha) jadi nontonnya agak males-malesan. Tapi karena ada Lee Pil Mo (main di drama Pinocchio juga) yang keren itu jadi agak semangat nontonnya. Hehe… *Dasar subjektif!* Nah, baru beberapa hari lalu drama ini selesai saya tonton. Beberapa karakter utama di drama ini : Pic EC 1-2

Song Ji-hyo as Oh Jin-hee >> Dari karakter utama ini saya belajar tentang bagaimana hidup setiap orang nggak selalu bahagia, hidup selalu butuh perjuangan, dan tali-tali takdir seperti puzzle yang selalu saling berhubungan jadi harusnya kita nggak punya alasan buat menyesal apalagi membenci satu adegan dalam hidup kita. Dengan usaha dan tekad akhirnya Oh Jin Hee berhasil jadi dokter. Dan salah satu alasannya buat kembali ketemu dengan mantan suaminya.

3

Choi Jin-hyuk as Oh Chang-min >> Karakter utama cowok, alias mantan suami Oh Jin Hee. Setiap orang pasti membayangkan kisah hidup yang bakal lebih indah setelah menikah. Ini yang dialami Chang Min, sampai akhirnya rela menentang keluarga dan nikah dengan Jin Hee. Tapi manis hidup setelah menikah tentu butuh beberapa hal sebagai ujian. Ada yang bertahan ada yang menyerah, ada yang menyerah sejenak untuk kemudian bertahan selamanya. Chang Min dan Jin Hee memutuskan berpisah, mereka terpisah selama 6 tahun, saling membenci, tapi takdir punya rencana lain. Cinta mereka belum benar-benar mati.

pic EC 1-4

7

*Lagi berantakan gini makin “lucu”* >_<

Lee Pil-mo as Gook Cheon-soo >> Pak dokter galak-galak keren ini yang bikin saya nonton drama ini. Huehehe.. Pertama lihat di di drama Pinocchio, dia keliahatan keren kalau lagi marah-marah, di sana dia jadi pimpinan para reporter pemula. Saya pun berpikir pasti bakal keren banget kalau dia jadi dokter atau polisi. Nah, saat iseng browsing di wikipedia, saya baru tahu ternyata dia main di Emergency Couple dan jadi dokter. Walaupun sebenarnya Emergency Couple ini dirilis duluan daripada Pinocchio sih.

pic EC 1-6

Choi Yeo-jin as Shim Ji-hye >> Pasangan si dokter galak, konon dulunya mereka pernah punya hubungan cinta. Meski menurut saya penjabarannya kurang rinci. Jadi nggak tahu gimana detailnya kisah cinta mereka dulu dan kenapa sampai putus lalu Ji Hye punya anak tanpa ayah. Penginnya sih ada drama terpisah tentang kisah Choen Soo dan Ji Hye gitu ya….πŸ˜› Nah, kayaknya Ji Hye ini masih naksir sama Choen Soo tapi dia tahu Choen Soo diam-diam naksir Jin Hee. Dengan sikap yang dewasa dia malah mendukung hubungan keduanya. Duh, kalau dikehidupan nyata apa ada yang bisa begini? Kalau saya sih kayaknya nggak kuat. Mending ngehindar deh daripada disuruh nyomblangin cowok yang disuka sama orang lain. haha…. *jujur*

6 Clara – Han Ah-reum >> Dokter cantik ini yang sempat bikin perasaan Chang Min goyah, tapi sepertinya penulis drama ini punya kisah lebih manis buat Ah Reum di akhir episode. Yah, syukurlah, dalam drama ini akhirnya semua berpasangan dan nggak ada yang tersiksa lama-lama karena patah hati. Suka ending yang begini.πŸ™‚

8

Yong-gyu yang kanan yang pakai headphone biru.πŸ™‚

Yoon Jong-hoon as Im Yong-gyu >> Teman magang Chang Min dan Jin Hye di UGD. Dari karakter ini saya belajar banyak tentang tujuan hidup yang kadang sering kita abaikan karena pikiran-pikiran yang terlalu rumit sampai melupakan apa yang hati kita inginkan. Beberapa manusia mungkin sempat mengambil keputusan yang salah, tapi selama kita mau menemukannya selalu ada waktu dan kesempatan untuk mengubahnya.

Btw, saya penasaran sama sopir Ibunya Chang Min, itu namanya siapa ya? Walaupun muncul jarang-jarang dan cuma sekilas-sekilas tapi kayaknya cakep. *radar penangkap cowok cakep*πŸ˜›

Setelah kenalan dengan karakter-karakternya. Saya mau cerita, setelah nonton ini ada beberapa hal yang nyangkut di pikiran saya…

Adegan awal, saat Chang Min mau menikahi Jin Hee. Ini adegan yang manis banget, soalnya bukan dengan adegan pernikahan formal tapi Chang Min ajak kabur Jin Hee. :)

Adegan awal, saat Chang Min mau menikahi Jin Hee. Ini adegan yang manis banget, soalnya bukan dengan adegan pernikahan formal tapi Chang Min ajak kabur Jin Hee.πŸ™‚

1. Pernikahan bukan akhir “hidup bahagia selamanya” seperti di beberapa film. Ketika kedua orang yang saling mencintai menikah, maka kisah cinta mereka sudah happy ending. Nggak. Pernikahan justru awal untuk kehidupan baru yang lebih rumit, lebih menantang, lebih… rapuh. Jin Hee dan Chang Min yang keduanya menikah karena sangat saling mencintai pun akhirnya harus bercerai karena banyak hal berbeda yang baru ketahuan setelah mereka tinggal bersama. Perceraian pun membuat mereka saling membenci pada akhirnya.

2. Terkadang cinta tidak benar-benar mati tapi mereka hanya tertidur dan suatu hari takdir akan membangunkannya lagi. Bahasa simpelnya CLBK. Setelah berpisah 6 tahunan akhirnya takdir mempertemukan lagi Chang Min dan Jin Hee di sebuah rumah sakit sebagai dokter magang UGD. Mereka mengawalinya dengan perasaan saling membenci, tapi alur takdir kadang tidak sesuai dengan yang kita pikirkan sebelumnya. Suatu hari mereka sadar mereka masih saling “membutuhkan”. Ya, cinta yang dipikir sudah mati itu ternyata hanya tertidur. Mereka masih saling mencintai dan ingin hidup bersama lagi, memperbaiki semua yang salah dulu, memulai sesuatu yang lebih baik. Seperti kata pepatah kuno, seseorang yang berjodoh seperti terikat seutas benang merah yang tak terlihat. Ke mana pun mereka berdua pergi benang itu akan terus terikat dan tak akan putus, hingga suatu saat benang itu saling tarik menarik dan menyatukan mereka lagi. Tak peduli seberapa jauh berlari dan menghindar takdir akan mempertemukan dua orang itu, selalu.

Dokter Gook rencananya mau nyatain cinta ke Jin Hee tapi malah ngeliat mereka... ah, udahlah gak tega spoiler-nya. -_-

Dokter Gook rencananya mau nyatain cinta ke Jin Hee tapi malah ngeliat mereka… ah, udahlah gak tega spoiler-nya. -_-

3. Selalu ada yang menderita dalam sebuah kisah cinta. Pada dasarnya kisah cinta selalu melibatkan satu orang yang cintanya tidak kesampaian, bertepuk sebelah tangan. Dalam kisah cinta Emergency Couple ini ada Dokter Gook dan Ae Reum. Dokter Gook mencintai Jin Hee, Ae Reum mencintai Chang Min. Dan mereka berdua sama-sama harus rela menjadi pihak yang “tidak happy ending”. Selalu, pihak semacam itu selalu ada. Saat kau jatuh cinta misalnya dan orang yang kau cintai membalas cintamu, itu happy ending? Belum tentu. Tanpa kau tahu mungkin di luar sana sedang ada seseorang yang bersedih di atas kebahagian cinta kalian berdua. Seseorang yang membiarkan hatinya terluka mencintai sendirian. Atau di keadaan lain justru kau adalah orang yang bersedih, saat orang yang kau cintai memilih orang lain yang dia cintai dan yang mencintainya.

4. Saat seseorang itu telah tiada baru terasa betapa kita mencintainya. Di sini ada Ibu Chang Min dan Ayahnya, mereka meski belum bercerai tapi hidup terpisah. Mereka selalu bertengkar, Ayah Chang Min selalu tampak tidak peduli dengan istrinya. Istrinya pun tipe yang menyebalkan dan keras kepala. Suatu hari Ayah Chang Min sakit keras dan meninggal. Saat itulah Ibu Chang Min merasa dia sangat mencintai suaminya, menyesali karena dulu tak bisa jadi orang yang selalu ada di sisinya, bahkan ia tidak tahu kalau suaminya sakit keras, dia benar-benar merasa kehilangan. Ya, kita perlu belajar menghargai waktu bersama seseorang saat orang itu masih ada. Karena jika kita menyadari seberapa pentingnya dia saat dia sudah ada, itu hanya akan jadi sia-sia.

Pemandangannya bagus! Itu Jin Hee dan Dokter Gook. :)

Pemandangannya bagus! Itu Jin Hee dan Dokter Gook.πŸ™‚

5. Cinta bisa hadir karena kebiasaan, karena sering bertemu dan karena sering bersama. Inilah yang saya lihat dalam diri Dokter Gook yang dingin dan galak. Meski dia menutup hatinya rapat-rapat karena masa lalu keluarganya yang agak kelam, membuatnya semacam trauma dan tidak ingin jatuh cinta. Tapi ketika cinta menyapanya lewat Jin Hee dia benar-benar tidak bisa menghindar.Kebersamaan yang begitu banyak membuatnya mulai membuka hati pelan-pelan. Namun sayangnya kisah cintanya dan Jin Hee belum direstui “dewa jodoh” alias si penulis cerita.

6. Dokter bukan Tuhan, mereka hanya perantara. Seberapa kuat berusaha menyembuhkan jika memang sudah harus meninggal, ya tidak ada yang bisa mengubah keputusan takdir. Meski kadang seolah kesembuhan seseorang ada di tangan seorang dokter, sebenarnya tetap ada di tangan Tuhan.

Dramanya cukup bagus tapi entah kenapa saya merasa “tempo”-nya agak lambat. Mungkin karena saya kebiasaan nonton drama yang agak berbau suspense dan drama ini full drama. Kalau menurut saya, nggak ada rasa seperti “dikejar-kejar” saat nonton ini. Meski secara umum ceritanya bagus. Saya menyelesaikan film ini lumayan lama, lebih dari dua minggu. Padahal biasanya cukup 2-3 hari paling lama 5 hari buat menyelesaikan satu drama korea di kostan.πŸ˜€

Adegan ending manis. :)

Adegan ending manis.πŸ™‚

Well, buat yang lagi galau tentang CLBK Kayaknya saya rekomendasiin film ini. Semoga film ini bisa kasih jawaban. ^_^

*Gambar : Koleksi Pribadi
*PS: maaf kalau berantakan, banyak typo dan sejenisnya, bikinnya dadakan dan belum sempat ngedit. >_<

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s